Gula Rafinasi

Rafinasi berasal dari kata refinery yang artinya menyuling, menyaring, atau membersihkan. Jadi gula rafinasi adalah gula berasal dari tebu yang sudah di pisahkan dari zat-zat lainnya serta mempunyai kualitas kemurnian yang tinggi. Proses pemisahan gula ( sukrosa ) dan impurities dari kandungan nira / juice ( air tebu / beet ) hingga akhirnya menjadi gula rafinasi di bagi atas tiga sistem klarifikasi berdasarkan atas bahan pembantu, yaitu sistem defekasi, sulfitasi dan karbonatasi. Sistem Defekasi adalah sistem klarifikasi yang hanya menggunakan hidrolisa kapur sebagai bahan pemurniannya, rata rata kualitas gula yang dihasilkan berwarna coklat dengan kadar warna ± 3000 IU. Sistem Sulfitasi adalah sistem klarifikasi yang menggunakan hidrolisa kapur dan Sulfur ( gas ) sebagai bahan pemurniannya, rata rata kualitas warna yang dihasilkan 150 – 300 IU. Sistem Karbonatasi adalah sistem klarifikasi yang menggunakan hidrolisa kapur dan gas CO2 sebagai bahan pemurniannya, sistem ini menghasilkan kualitas gula putih ( lebih baik dari dua sistem sebelumnya ) dengan kadar warna ≤ 100 IU.

Keunggulan gula Kristal rafinasi dari gula pada umumnya yang dikonsumsi oleh masyarakat adalah Warnanya lebih bening, natural dan putih, Sifat dari gula kristal rafinasi itu sendiri yang lebih kering dan tidak menggumpal selain itu rasanya lebih manis dibandingkan dengan gula yang pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat.

About these ads

Posted on 18/10/2011, in Sucrose and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Gula Rafinasi jelas lebih sehat daripada gula putih yang umumnya beredar dipasaran karena lebih murni dan lebih mudah diserap tubuh, namun sayangnya sebagian besar masih impor :)

    • smoga aj industri gula kita smakin maju n bisa swasembada gula sbagaimana yg tlah di targetkan oleh pemerintah qt pak…. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: