Iklan dan Tujuan Iklan

Iklan

Iklan (advertising) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kurang lebih adalah menggiring orang pada gagasan. Rhenald Kasali dalam buku nya secara sederhana mendefinisikan iklan sebagai sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

Menurut Tilman dan Kirkpatrick, iklan merupakan komunikasi massa yang menawarkan janji kepada konsumen tentang adanya barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan, tempat memperolehnya dan kualitas barang dan jasa tersebut melalui pesan yang informatif dan persuasif.

Sedangkan menurut Wright, iklan merupakan media komunikasi massa dalam bentuk komunikasi non personal dengan menyewa ruang dan waktu, dirancang untuk memberikan saran pembelian, membentuk hasrat memiliki dengan mengkonsumsinya secara tepat. 

 

Dari beberapa definisi iklan diatas, dapat ditarik sebuah garis besar bahwa iklan merupakan pesan yang disampaikan oleh komunikator tentang barang dan jasa kepada komunikan, melalui media massa dengan menyewa ruang dan waktu yang bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk dan mempengaruhi khalayak agar bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.

 

 Tujuan iklan

Ada dua sudut pandang tujuan periklanan, yaitu sudut pandang perusahaan dan sudut pandang konsumen. Dari sudut pandang perusahaan, menurut Robert V. Zacher, tujuan periklanan diantaranya adalah :

Menyadarkan komunikan dan member informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.

Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.

Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.

Sedangkan dari sudut pandang konsumen, iklan dipandang sebagai suatu media penyedia informasi tentang kemampuan ,harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu produk

About these ads

Posted on 03/10/2010, in Communication Science and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Dhita Maulia Karismatic

    Fungsi iklan dari sudut pandang pelajar apa?

    apa lgi bagi pelajar SMP

    • sama hal ny seperti di lihat dr sudut pandang konsumen karna pada dasar nya pelajar adalah konsumen. namun demikian berbicara tttg pendidikan. utk di ketahui bersama bhwa periklanan tidak hanya melulu pada perusahaan barang tetapi juga perusahaan jasa dan salah satu nya adalah jasa pendidikan. semisal iklan tentang lembaga bimbingan belajar. dgn adanya iklan tersebut pelajar mendapat referensi ttg lembaga bimbel. itu kalo dilihat dri sisi positif ny.

  1. Pingback: Iklan dari Sudut Pandang Kejujuran « Mushlihin

  2. Pingback: Iklan dari Sudut Pandang Kejujuran - Mushlihin.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: