Model Psikologi Comstock

Model psikologi Comstock mempelajari tentang bagaimana efek televisi memberikan pengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Dimana memang tujuan Model komunikasi ini adalah untuk memperhitungkan dan membantu memperkirakan terjadinya efek terhadap tingkah laku seseorang sebagai individu, dengan jalan menggabungkan penemuan-penemuan atau teori-teori tentang kondisi umum di mana efek selama ini dapat ditemukan.


Asumsi dari model psikologi Comstock ini adalah televisi telah dianggap sebagai sesuatu yang nyata, sesuatu yang serupa dengan setiap pengalaman, tindakan atau observasi personal yang dapat menimbulkan konsekuensi terhadap pemahaman (learning) maupun tindakan (acting). Selain itu, televisi juga dianggap tidak hanya mengajarkan tingkah laku, tetapi juga bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan tingkah laku yang dipelajari dari sumber-sumber lain.

Model Psikologi Comstock ini mempunyai anggapan bahwa, Pertunjukan aksi di media televisi akan lebih mudah membuat orang menirunya, jika pertunjukan itu lebih menyolok (salient) bagi seseorang, karena dengan begitu pertunjukan aksi tersebut akan menimbulkan getaran dan lebih menonjol. Baik kemenyolokan maupun getaran yang di timbulkan merupakan kondisi yang harus ada untuk kegiatan pemahaman (learning)

Model ini juga beranggapan bahwa, semakin sedikit daftar tindakan-tindakan yang tersedia maka semakin besar kemungkinan untuk diadopsinya pertunjukan televisi tersebut. Untuk itu model ini juga menekankan bahwa agar sebuah aksi benar-benar ditiru maka haruslah ada kemiripan aksi itu dengan realita yang ada.

About these ads

Posted on 03/04/2010, in Communication Science, Psychology and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. ini sumbernya dari mana yah? hehehe. aku lagi skripsi kebetulan juga membahas comstock. bisa email ke aku gak sumbernya dari mana?

  2. mikum,, punya bahan tntang teori celebrity endorser ga?? hehe makasih

    • wdh buku2 perkuliahan q dulu udh g tau rimbany ad dmn skr…..hehehe
      tp klo ngomongin ttng celebrity endorser mending km hunting buku :
      *Marketing Selebritis
      *Advertising And Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective
      *Advertising : Principles and Practice
      *Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu

  3. halo.. boleh tau sumbernya ga? dari buku apa,pengarang, penerbit dan tahun berapa? thanks sebelumnya. :)

    • tuch tulisan aq bwt seingat q aj, y sapa tahu bermanfaat…. :)
      tp klo ndak salah judul buku ny “mass communication theory (fourth edition) karangan ny dennis mcquail” utk trbitan n penerbitan ny aq g th psti. tanya aj d toko buku terdekat pasti ad cz tuch termasuk buku wajib bagi mahasiswa

  4. yasa adiguna

    boleh minta sumbernya juga ga ,, aku lg ada tugas membahas comstock..
    boleh kirim email juga ??

    cHanh.adiguna@gmail.com

    kamsiiaa

  5. boleh minta sumbernya juga gk? aku lagi skripsi nih,

    davidmurdiantoyo@outlook.com

    matuhnuhun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: